Transformasi Digital WIKA Beton

Perkembangan teknologi digital menghasilkan perubahan cara kerja dan model bisnis yang baru sehingga perusahaan di berbagai sektor harus beradaptasi dengan cepat untuk mampu bertahan dan memenangkan kompetisi pasar. Sebagai perusahaan di industri beton pracetak, WIKA Beton juga beradaptasi dalam mengikuti perkembangan teknologi sejak tahun 2006.

Dimulai pada  tahun 2006, WIKA Beton  merintis Sistem Operational Perusahaan yang dikenal sebagai Enterprise Resource Planning (ERP) yang terdiri dari modul Operating System (OS), Finance, dan Human Resource Management System (HRMS). Sistem ERP ini menandai awal mula digitalisasi dalam proses bisnis WIKA Beton dari pekerjaan administrasi yang semula dilakukan secara manual menjadi digital. Hingga saat ini, sistem ERP ini menjadi hal penting dalam proses bisnis perusahaan dan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tidak hanya mengembangkan sistem berbasis software, WIKA Beton juga mengembangkan Infrastruktur untuk mendukung pengembangan sistem informasi digital. Dalam meningkatkan efisiensi, optimasi produksi dan simplikasi proses bisnis perusahaan, WIKA Beton membangun infrastruktur jaringan WAN (Wide Area Network) berbasis Cloud dimana Seluruh Unit Kerja dan Bisnis Unit WIKA Beton dapat saling terhubung.

Sebagai komitmen terhadap pengembangan IT, beberapa langkah strategis pun dilakukan oleh WIKA Beton. Bersinergi terhadap Roadmap IT WIKA Group,  WIKA Beton juga menyusun Roadmap Digitalisasi IT hingga tahun 2023 yang diselaraskan dengan dengan Roadmap Korporat.

Seiring dengan peran IT yang semakin dominan dalam operasional perusahaan, WIKA Beton terus menyempurnakan fasilitas IT yang mendukung infrastruktur berbasis digital. Tidak hanya berfokus di pengembangan ERP, WIKA Beton menyempurnakan proses digitalisasi dengan mengembangkan sejumlah sistem  terintegrasi, seperti Aplikasi WTON Mobile,  Aplikasi e-QC, WTONPedia, E-File (pengarsipan dokumen digital).

Salah satu inovasi WIKA Beton dikembangkan dengan tujuan efektivitas proses audit internal, yaitu aplikasi Sistem Audit Internal Berbasis Digital. Aplikasi ini membantu implementasi Sistem Manajemen Perusahaan menjadi lebih baik, sehingga dapat meningkatkan efisiensi, konsistensi mutu, dalam setiap produk yang dihasilkan.

Di tahun 2020, meski harus melewati pandemi COVID-19, WIKA Beton tetap mengembangkan Sistem Informasi dengan membangun aplikasi yang memfasilitasi pekerjaan WFH (work from home), sehingga setiap karyawan yang melakukan WFH (Work From Home) dapat melakukan presensi kehadiran melalui aplikasi tersebut dan mengupdate laporan pekerjaan.

Sebagai bentuk komitmen WIKA Beton dalam penerapan protocol Kesehatan yang ketat demi menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif, dilakukan info skrining mandiri kepada seluruh pegawai secara digital dengan menggunakan WTON mobile secara periodik. Sedangkan untuk upaya pencegahan terhadap penyebaran covid-19 WIKA Beton mengembangkan Aplikasi WTON Visitor. Aplikasi mobile ini berfungsi untuk memfasilitasi kunjungan tamu di Unit Kerja dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Tidak hanya itu, di tahun yang sama BSI juga merilis Micro Site WTON Channel yang berisi berita dan dokumentasi dari seluruh kegiatan Perusahaan yang dikelola langsung seluruh pegawai. Hingga akhir tahun 2023, WIKA Beton ditargetkan sudah memiliki Manufacturing App sebagai aplikasi yang menunjang proses produksi perusahaan,

Dengan semakin banyaknya produk digital yang dikembangkan oleh perusahaan untuk menunjang  operasional perusahaan, diharapkan akan tertanam IT Culture pada setiap insan WIKA Beton yang menjadi modal utama dalam mewujudkan Transformasi Digital WIKA Beton.

Share:

Lainnya

Send Us A Message