Laboratorium Riset WIKA Beton Raih Akreditasi KAN, Resmi Diakui di Tingkat Internasional

Sebagai salah satu industri beton pracetak terbesar di Asia Tenggara, PT Wijaya Karya Beton Tbk (WIKA Beton) berkomitmen untuk selalu menyediakan produk yang terjamin kualitasnya. Selain sebagai pusat riset material dan struktur, pengembangan Laboratorium Riset WIKA Beton ini ditujukan untuk mendukung pengujian material dan juga kinerja produk atau komponen struktur pada berbagai proyek yang dilayani WIKA Beton.

Untuk memastikan hasil uji diakui, laboratorium pengujian perlu memiliki akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) sesuai standar SNI ISO/IEC 17025:2017 yang mengatur persyaratan kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi. Pada awal 2022, WIKA Beton membentuk tim akreditasi Laboratorium Riset untuk mempersiapkan akreditasi ke KAN, termasuk pelatihan dan penyusunan dokumen.

Pada 24-25 Januari 2023, dilakukan proses asesmen awal dan unjuk kerja lapangan di Laboratorium Riset WIKA Beton, yang melibatkan 3 asesor dari KAN, termasuk 2 asesor teknis dan 1 asesor mutu. Untuk memenuhi standar SNI ISO/IEC 17025:2017, Laboratorium harus memenuhi persyaratan umum, struktural, sumber daya, proses, dan manajemen. 

Laporan asesmen ini diikuti oleh Rapat Panitia Teknis KAN pada 17 Mei 2023, yang merekomendasikan keputusan akreditasi ke Council KAN. Pada 24 Mei 2023, Laboratorium Riset WIKA Beton secara resmi menerima akreditasi KAN dengan nomor LPK LP-1803-IDN. 

Keputusan ini secara resmi membuat Laboratorium Riset WIKA Beton dapat menggunakan logo KAN sesuai lingkup pengujian yang didaftarkan. Saat ini, ruang lingkup pengujian yang terakreditasi mencakup kuat tekan beton, tarik baja tulangan beton, analisa gradasi agregat, kadar lumpur, abrasi agregat kasar, serta pengujian lentur produk spun pile dan sheet pile. 

WIKA Beton berharap Laboratorium Riset dapat terus berkembang agar hasil pengujian yang dibutuhkan oleh unit WIKA Beton dapat diakui sah secara hukum  dan legal. Dengan begitu, WIKA Beton dapat terus menjaga kualitas produk-produk yang dihasilkan serta dapat mengembangkan produk-produk baru yang diminati pasar.

Share:

Lainnya

Send Us A Message