Skip to main content
x

Konsumen

TANGGUNG JAWAB KEPADA KONSUMEN/ PELANGGAN

Strategi Menjaga Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan menjadi kunci sukses Perseroan  dalam meraih pangsa pasar di Indonesia. Oleh karena itu, Perseroan bertanggung jawab dalam membina hubungan baik dengan pelanggan dengan mendengarkan keinginan, masukan, dan memahami kebutuhan mereka akan kualitas hasil produksi. Strategi yang dterapkan dalam menjaga kepuasan pelanggan dilakukan dengan:

  • Menjaga kualitas produk sesuai dengan kebutuhan;
  • Menjaga komitmen akan ketepatan waktu dan harga yang bersaing;
  • Membangun komunitas pelanggan dengan bantuan Client Relationship Manager (CRM) di wilayah penjualan dan produksi; serta
  • Memberikan layanan after-sales kepada pelanggan yang membutuhkan.

Indeks Kepuasan Pelanggan

Perseroan berkomitmen untuk terus berinovasi dan mempertahankan kepercayaan pelanggan yang loyal. Oleh karena itu, dalam setiap satu proyek yang telah diselesaikan, Perseroan melakukan survei kepuasan pelanggan atau customer satisfaction index (CSI). Metode yang digunakan adalah dengan mengirimkan kuesioner kepada pelanggan. Jawaban atas kuesioner tersebut kemudian dianalisis sehingga dapat menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan Perusahaan. Semua itu menjadi masukan untuk pengembangan produk dan jasa Perusahaan ke depannya.

Pada 2016, hasil penerimaan masukan melalui kuesioner, dapat disimpulkan bahwa pelanggan menyatakan puas atas kinerja yang diberikan oleh Perseroan. Hasil perolehan nilai rata-rata CSI Perseroan sebesar 4,20 melampaui dari target yang ditetapkan.

Customer Satisfaction

Analisis Rencana Tindak lanjut CSI

WP-1: Menyediakan kapasitas produksi yang memadai dan memilih proyek.

WP-2: Penetrasi ke pasar beton konvesional beralih ke precast dengan menyiapkan supporting engineering.

WP-3: Kompetisi harga cukup berat, harus punya timing strategi dalam memilih proyek dan bernegosiasi. Tetap mempertahankan mutu produk dan mutu pelayanan.

WP-4: Kompetisi harga cukup berat, harus punya timing strategi dalam memilih proyek dan bernegosiasi. Tetap mempertahankan mutu produk dan mutu pelayanan.

WP-5: Mempertahankan Performa.

WP-6: Menyediakan kapasitas produksi yang memadai dan memilih proyek.

Jumlah dan Penanganan Keluhan Pelanggan

Setiap pelanggan diberikan hak untuk mengadukan keluhan atas layanan kantor wilayah penjualan yang diberikan Perseroan. Keluhan disampaikan ke kantor penjualan wilayah sehingga keluhan dan pertanyaan dapat dengan mudah disampaikan. Seluruh keluhan pelanggan telah diselesaikan dengan baik.

Customer Handling

Standar Operasi Prosedur (SOP)

Perseroan akan menindaklanjuti setiap pengaduan atau pertanyaan pelanggan tidak lebih dari 2 x 24 jam setelah pengaduan atau pertanyaan tersebut diterima. Hal ini sudah diatur dengan jelas di dalam SOP Perusahaan, yang secara berkala akan dilengkapi dengan studi kasus terbaru.

.