Berita

WIKA Beton dan BSB Bersinergi Garap Proyek Jalur KA Makassar-Parepare

PT   Wijaya   Karya   Beton   Tbk.   (WIKA   Beton)   kembali   menunjukkan   kontribusinya   dalam   proyek pembangunan infrastruktur tanah air dan kali ini WIKA Beton bersinergi dengan PT Bumi Sarana Beton (BSB) menggarap proyek Kereta Api (KA) Makassar-Parepare Segmen F, Sulawesi Selatan. Sinergi dalam proyek pembangunan ini ditandai dengan seremoni penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Operasi pada Pekerjaan Engineering , Procurement dan Construc*on (EPC) Trackwork Systems dan   EPC   Jembatan   untuk   Proyek   Perkeretaapian   Umum   Makassar-Parepare   dengan   Skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Perjanjian kerja sama operasi ini ditandatangani oleh Direktur Utama WIKA Beton Hadian Pramudita dengan Direktur Utama BSB Syam’un Saebe di Makassar pada Rabu, 18 September 2019.

Proyek   KA   Trans   Sulawesi   ini   merupakan   proyek   KPBU   pertama   Kementerian   Perhubungan (Kemenhub)   di   sektor   transportasi   yang   menerapkan   skema   baru   inovasi   pembiayaan   untuk penyediaan   infrastruktur   Pemerintah.   Dalam   hal   ini,   Kemenhub   melibatkan   peran   PT   Celebes Railway Indonesia (CRI) selaku kontraktor utama dan PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) selaku penyedia penjamin Pemerintah.

CRI mempercayakan WIKA Beton dan BSB untuk secara khusus memenuhi kebutuhan produk beton serta instalasinya. Proyek yang WIKA Beton-BSB KSO tangani ini merupakan proyek lanjutan setelah sebelumnya jalur KA Makassar-Parepare telah dibangun dan beroperasi melintas sepanjang 44 km, dan akan lanjut dibangun jalur tambahan sepanjang 60 km.

Konstruksi pada proyek ini terbagi menjadi dua pekerjaan yaitu struktur lintasan rel kereta api dan struktur jembatan. Berpengalaman dalam pekerjaan sejenis yaitu Trackwork pada Light Rail Transit (LRT)   Kelapa   Gading-Velodrome   Jakarta,   WIKA   Beton   op*mis*s   mampu   memenuhi   berbagai kebutuhan produk beton pracetak   untuk   proyek  ini   dengan   dukungan   Kalla   Beton   di   antaranya Bantalan Jalan Rel, PC I Girder , Box Culvert , U-Ditch , Corrugated Concrete Sheet Pile dan Tiang Pancang. Tidak hanya itu, WIKA Beton-BSB KSO yakin mampu melaksanakan jasa instalasi produk beton pracetak baik pada dua struktur konstruksi.

 

Dengan telah ditandanganinya Perjanjian KSO ini, diharapkan percepatan konek*vitas pusat-pusat perekonomian di wilayah Sulawesi Selatan dapat segera terwujud.

« Berita