Artikel

WIKA Beton Terapkan 5R untuk Jaga Profesionalisme Kerja

Dalam komitmennya menjadi #ConcretExpert di Indonesia, WIKA Beton tak pernah main-main dalam setiap langkah operasional bisnisnya.

Terhitung sejak tahun 2018, manajemen WIKA Beton menerapkan sistem  kerja 5R. Langkah tersebut diambil dengan tujuan untuk WIKA Beton yang semakin berkualitas di seluruh unit kerja di seluruh Indonesia.

Apa saja yang termasuk dalam sistem kerja 5R itu? 

Ringkas

Dalam bekerja, sistem kerja ringkas perlu sekali dilakukan. Selain agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu, hasilnya pun akan maksimal. Dalam setiap kegiatannya WIKA Beton mengamalkan sistem kerja ringkas ini dengan cara memilah dan memisahkan sesuatu yang memang tidak diperlukan dan berpotensi menghambat pekerjaan.

Rapi

Sistem kerja yang kedua adalah rapi. Rapi dalam hal ini mencakup menjaga kerapian tempat kerja maupun saat melakukan pekerjaan itu sendiri. Sebab WIKA Beton yakin, kerapian akan bantu memudahkan setiap pekerjaan. Bisa dibayangkan kan kalau lingkungan kerja tidak rapi, melakukan pekerjaan pun akan tidak nyaman sekali.

Resik

Ketiga, ada resik. Resik merupakan Bahasa Jawa yang berarti bersih. Nah resik ini bisa berarti harfiah atau menjaga kebersihan lingkungan kerja maupun resik dalam arti yang lainnya, yaitu bersih secara sistem. Maksudnya tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme di dalam perusahaan.

Rawat

Sistem kerja yang keempat adalah rawat. Rawat di sini memiliki makna setiap insan WIKA Beton wajib merawat segala sesuatu yang digunakan selama melaksanakan tugas. Pun rawat disini juga mencakup merawat sinergi antara sistem kerja yang lainnya, sehingga mampu berselaras dengan sesama insan WIKA Beton yang lainnya.

Rajin

Terakhir, ada sistem kerja rajin. Dengan bekerja penuh kerajinan, WIKA Beton yakin bahwa setiap langkah yang dilakukan akan menghasilkan sesuatu yang optimal. Pun dengan sistem kerja ini, WIKA Beton ingin setiap insan di dalamnya mampu berproses menjadi seseorang yang lebih baik dan makin berkompeten di bidangnya.

Dari kelima sistem kerja 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) tersebut, muaranya akan pada jiwa profesionalisme. WIKA Beton sampai saat ini mampu mempertahankan predikatnya sebagai #ConcretExpert karena memupuk jiwa profesionalisme melalui sistem kerja 5R ini.

« Artikel